27 Januari 2009

Tips Memotivasi Orang yang kita sayangi

1. Kecuali diminta, hindari memberi nasihat langsung ataupun mengomentari perbuatan orang-orang kita sayangi seperti Keluarga, Sahabat, Karyawan ataupun Staff Anda ! Siapapun akan merasa tidak nyaman karena “Aku”nya diserang.
2. Jika terpaksa memberi nasihat ataupun mengomentari, gunakan kata awalan “Saya”, bukan “Kamu” ! Contoh : “Saya khawatir waktu belajar / bekerja Kamu habis karena main game” bukan “Kamu membuang-buang waktu saja”
3. Manfaatkan momentum yang tepat seperti saat santai / gembira ataupun hari penting mereka seperti saat berulang tahun ! Waktu yang tidak tepat hanya akan membuat nasihat Anda sia-sia dan kontraproduktif.
4. Saat “bermasalah”, mereka sedang tidak butuh nasihat Anda, melainkan dukungan Anda. Perhatian dan dukungan Anda membuat mereka merasa “usahanya dihargai”.
5. Jangan pernah berharap seseorang “harus berubah” menjadi seperti yang kita inginkan ! Tetapi tetap dimungkinkan “mempengaruhi” agar “setuju” dengan apa yang kita pikirkan.
6. Gunakan “cara cara tidak langsung” dalam mempengaruhi mereka, seperti :
a. Memanfaatkan pengaruh orang orang yang mereka segani dan yang biasa mereka “dengar” seperti Sahabat, Orang Tua ataupun Atasan mereka.
b. Biarkan mereka “menemukan” sendiri jawaban atas problem yang mereka alami dari buku buku, majalah majalah ataupun print-out cerita positif yang “sengaja” Anda letakkan pada lokasi yang mudah dilihat.Semoga bermanfaat

from: tamanbintang@yahoogroups

Tidak ada komentar:

Posting Komentar