17 Januari 2009

Flash di TV

What teknologi dunia emang semakin gila-gilaan(Lagunya Changcuters tuuch)
Intel dan Adobe mengumumkan bahwa mereka tengah bekerja sama untuk mengadaptasikan teknologi Adobe Flash yang dipakai di sebagian besar PC di seluruh dunia untuk dipakai di alat-alat elektronik khususnya televisi sebagai bagian dari Open Screen Project. Kedua perusahaan akan mengoptimisasi Flash Player dan Flash Lite untuk dipakai di Intel Media Processor CE 3100. Intel menargetkan untuk mulai menjual chip CE 3100 dengan dukungan Flash Lite sebelum pertengahan tahun ini.

Proyek Open Screen


Intel dan Adobe mengatakan bahwa kombinasi Flash yang mampu menampilkan video high definition (HD) dengan CE3100 akan memberikan konsumen pengalaman menonton video berbasis web yang sama dengan video lain yang diputar oleh televisi kabel, Blu-ray maupun media digital lain.

William O. Leszinske Jr., general manajer divisi Digital Home Intel mengatakan bahwa "kerja sama Intel dengan Adobe bertujuan untuk mempercepat hadirnya pengalaman internet kaya fitur di TV yang akan mengantarkan aplikasi berbasis Flash yang semakin populer kepada konsumen yang dapat dinikmati di berbagai jenis layar, mulai dari laptop, MID (mobile internet devices) dan kini TV."

Menurut Intel, Media Processor CE 3100 adalah produk pertama dalam lini produk system-on-chip (SoC) untuk elektronik. CE 3100 yang sebelumnya menyandang nama Canmore juga akan mendukung pengembangan Yahoo yang ingin menghadirkan internet di TV melalui Yahoo Widget Engine. (via CNet)

Ini bukanlah pertama kalinya Intel bekerja sama dengan Adobe. Kedua perusahaan ini merupakan pendiri Open Screen Project di bulan Mei tahun lalu. Inisiatif ini sudah memiliki lebih dari 20 anggota besar dan bertujuan untuk mengantarkan konten dan aplikasi web ke semua jenis alat yang memiliki layar termasuk TV, alat-alat portabel dan alat elektronik lainnya melalui teknologi Adobe AIR dan Flash.

Usaha untuk menghadirkan konten web ke TV di negara-negara dengan koneksi internet yang memadai memang semakin memanas akhir-akhir ini. Apple sudah sejak beberapa tahun yang lalu mengeluarkan Apple TV, LG juga akan memperkenalkan TV baru yang dapat menampilkan film dari Netflix di CES 2009.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar